Sub-Menu

Online

My Time

19 Februari, 2011

Pengertian INTERNET Dan Sejarah INTERNET


Internet singkatan dari INTER CONNECTED NETWORKING.
Internet adalah gabungan jaringan komputer diseluruh dunia yang membentuk satu sistem informasi global di internet ada 2 type komputer, yaitu komputer Server dan komputer Client. Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh komputer server, sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan komputer server di internet. Seperti Pengetahuan, Berita, Hiburan, dan Pendidikan.
Informasi-informasi tersebut dapat disajikan dalam teks maupun multimedia(gambar, suara, animasi, dan video). Internet seakan-akan merupakan dunia tersendiri yang memungkinkan kita pergi mengunjungi berbagai tempat dengan cepat, melihat informasi, membuka kotak suara dan membaca pesan serta berkenalan dengan orang yang identitasnya tidak kita ketahui dengan pasti. Semua itu kita lakukan degan duduk didepan komputer.
Karena itulah internet juga disebut sebagai dunia maya atau dunia semu yang tidak nyata. Dunia internet kadang juga disebut sebagai dunia cyber, sedangkan kejahatan melalui internet sering disebut cyber crime. 

 

Sejarah Internet

Perkembangan internet dimulai dengan dibangunya ARPANET(ARPA=ADVANCE RESEARCH PROJECT AGENCY) pada tahun 1969. Jaringan tersebut semula hanya beranggotakan beberapa komputer di universitas di Amerika Serikat seperti University of California-Los Angeles dan Stanford research institute. Masih ditaun yang sama bergabunglah University of Utah dan University of California-Santa barbara sebagai anggota jaringan. Diawal perkembanganya jaringan tersebut hanya digunakan khusus oleh kalangan akademik(Pendidikan/Universitas dan Militer).

Tidak ada komentar: