Sub-Menu

Online

My Time

22 Februari, 2011

Thomas Alva Edison penemu bola lampu listrik.


Ditulis dalam Penemu dan Temuannya tagged pada 05:40 oleh Didik Suwitohadi

Pada masa kecilnya di sekolah, Edison selalu dapat nilai buruk, akhirnya Ibunya mengambil keputusan untuk menghentikannya dari sekolah, dan mengajarinya sendiri Dia rumah, dengan leluasa Edison isa membaca berbagai buku buku ilmiah yang biasa duibaca orang dewasa. Usia 12 tahun dia bekerja mejadi penjual koran, buah-buahan dan permen, di dalam kereta api, jurusan dari Port Huron ke Detroit. Pada masa itu Edison sudah mulai mengalami gangguan pendengarannya, tapi dia tidak peduli.
Pada satu saat dia menyelamatkan seorang anak berumur 3 tahun yang hampir tertabrak kereta api, Ayah anak tersebut adalah seorang station agent J.U Mac Kenzie dari Mount Clement, Michigan. Untuk membalas rasa terimakasihnya pada Edison, dia mengajari bagaimana menjadi operator telegrap, yang akhirnya dia diterima bekerja sebagai operator telegrap di perusahaan kereta api Grand Trunk.
Pada umur 19 tahun Edison pindah ke Louisvile, Kentucky dan bekerja di perusahaan Western Union. Dia meminta untuk dipekerjakan pada jam malam, tujuannya agar dia mempunyai banyak waktu untuk membaca dan melakukan percobaan-percobaan ilmiah. Suatu malam di tahun 1867, dia menumpahkan Sulfuric Acid ( asam belerang ) dilantai, dan sampai kebawah meja kerja bossnya, besok paginya dia dipecat.
Tahun 1870 dia menemukan mesin telegrap yang lebih baik, yang mampu mencetak pesan telegarap diatas kertas. Dari penemuannya itu dia mendapatkan uang cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri, General Electric ( 1890 ), yang masih berdiri hingga saat ini.
25 Desember 1871 Edison menikah denan seorang gadis 16 tahun bernama Mary Stilwell, gadis pekerja toko. Mereka mempunyai anak 3 orang ;
  1. Anak pertama bernama Marion Estelle Edison (1873–1965) dengan pangilan Dot.
  2. Anak kedua bernama Thomas Alva Edison, Jr. (1876–1935) dengan panggilan Dash
  3. anak ke tiga bernama William Leslie Edison (1878–1937) , seorang penemu, lulusan Sheffield Scientific School at Yale, 1900.
9 Agustus 1884 istri Edison meninggal karena kangker otak.
Setelah kematian istrinya, Mary Stiwell, Edison pindah dari Menlo Park. 24 Februari 1886, Edison meikah lagi dengan gadis berumur 20 tahun, Mina Miller di Akron, Ohio. Dari perkawinan kedua ini, Edison mempunyai 3 anak.
  1. Medeline Edison ( 1888-1979 )
  2. Charles Edison ( 1890-1969 ), dia yang memimpin perusahaan ayahnya setelah Edison meninggal, juga mengurus laboratoratorium percobaan di West Orange.
  3. Theodore Edison ( 1898-1992 ), seorang lulusan dari MIT dalam ilmu fisika tahun 1923. Dia memiliki sekitar 80 hak patent atas temuannya.
Tahun 1874 dia pindah ke Menlo Park, New Jersey, dan mendirikan bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama didunia. Dari sanalah dia banyak melakukan penemuan-penemuan. Tahun 1877 dia menemukan Gramafon, penemuan inilah yang membuat dia dikenal kalayak sebagai “Penyihir dari Menlo Park”. Dan menemukan lampu listrik ( bola lampu pijar ) pada tahun 1879, dari penemua inilah Thomas Alva Edison lebih dikenal dunia, karena dialah dunia menjadi benderang. Dia juga menemukan projektor untuk film film kecil. Di tahun 1882 dia memasang lampu-lampu listrik di jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di New York. Dan ini untuk pertama kalinya lampu listrik dipakai dijalan-jalan.
Tahun 1877-1878 dia mengembangkan penemuannya, Carbone Microphone yang dipakai pada seluruh telepeon buatan Graham Bell , temuannya ini juga dibuat untuk keperluan radio broadcasting dan umum.
Sesudah melakukan banyak percobaan untuk bola lampunya dengan menggunakan platinum metal filament, Edison kembali melakukan percobaan untuk lampu pijar ( bola lampu ) dengan menggunakan carbone filamen. Dan pada 22 Oktober 1879, percobaan itu berhasil, bola lampu mampu bertahan menyala terus sampai 40 jam. Edison terus melakukan percobaan tersebut sampai hasilnya memuaskan ( lampu bisa menyala lebih lama) . 4 November 1879bola lampu menggunakan carbon filamen, nomor patentnya 223,989. dan dia mendapatkan hak patennya atas
Masih banyak lagi hasil penemuan Edison yang bermanfaat. Secara keseluruhan Edison telah menghasilkan 1.039 hak paten. Tapi penemuannya itu sangat jarang disebutkan antara lain : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetik, torpedo listrik, karet sintetis, baterai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmiter telepon karbon dan proyektor gambar bergerak.
Thomas Alva Edison meninggal karena komplikasi penyakit diabetes di rumahnya Llewellyn Park, West Orange, New Jersey, pada 18 Otktober 1931. Istri keduanya, Mina meninggal tahun 1947.
Setelah kematiannya, beberapa bangunan jembatan, uiversitas, hotel, perkumpulan dan masih banyak lagi yang menggunakan namanya untuk penghormatan atas jasa-jasa temuannya.

Tidak ada komentar: